Solusi jitu membentengi diri dari maraknya fitnah dan hoax

Solusi jitu membentengi diri dari maraknya fitnah dan hoax oleh Sayyid Bakri Syatha.

Akhir-akhir ini banyak sekali bermuculan informasi-informasi dan berita-berita palsu atau yang lebih dikenal dengan istilah โ€œhoaxโ€ oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggungjawab dengan berbagai modus.

Jika tidak ada kehati-hatian, penerima informasi pun dengan mudah termakan tipuan hoax tersebut bahkan ikut menyebarkan informasi palsu itu, tentunya akan sangat merugikan. Lalu bagaimana caranya agar tak terhasut? maka, mari kita simak dan pelajari arahan dari Sayyid Bakri syatha dibawah nanti.

sayyid Bakri Syataha adalah tokoh besar yang nama sebenarnya adalah Abu Bakar bin Muhammad Zainal Abidin Syatha. Belaiu lahir di Makkah tahun 1266 H/1849 M. Ia berasal dari keluarga Syatha, yang terkenal dengan keilmuan dan ketaqwaannya. Sayyid Abu Bakar Syatha merupakan seorang ulamaโ€™ Syafiโ€™i, mengajar di Masjidil Haram di Mekah al-Mukarramah pada permulaan abad ke XIV.

Beliau adalah pengarang kitab I’anatutholin yang masyhur di indonesia terutama kalangan pesantren dan salah satu penerangan beliau tentang solusi jitu membentengi diri dari maraknya fitnah dan hoax telah beliau tuliskan pada kitab karya beliau yang bernama I’anah Ath-tholibin tepatnya pada juz 4 halaman 298.

๐Ÿ“š ุฅุนุงู†ุฉ ุงู„ุทุงู„ุจูŠู† ูขูฉูจ/ูค

ูˆู…ู† ุงู„ู…ู‡ู… ุฃู† ู„ุง ุชุตุฏู‚ ูˆู„ุง ุชู‚ุจู„ ูƒู„ ู…ุง ูŠู†ู‚ู„ ุฅู„ูŠูƒ ู…ู† ุฃูุนุงู„ ุงู„ู†ุงุณ ูˆุฃู‚ูˆุงู„ู‡ู… ุงู„ู…ู†ูƒุฑุฉุŒ ุญุชู‰ ุชุดุงู‡ุฏ ุฐู„ูƒ ุจู†ูุณูƒ ุฃูˆ ูŠู†ู‚ู„ู‡ ุฅู„ูŠูƒ ู…ุคู…ู† ุชู‚ูŠ ู„ุง ูŠุฌุงุฒู ูˆู„ุง ูŠู‚ูˆู„ ุฅู„ุง ุงู„ุญู‚ุŒ ูˆุฐู„ูƒ ู„ุงู† ุญุณู† ุงู„ุธู† ุจุงู„ู…ุณู„ู…ูŠู† ุฃู…ุฑ ู„ุงุฒู…ุŒ ูˆู‚ุฏ ูƒุซุฑุช ุจู„ุงุบุงุช ุงู„ู†ุงุณ ุจุนุถู‡ู… ุนู„ู‰ ุจุนุถุŒ ูˆุนู… ุงู„ุชุณุงู‡ู„ ููŠ ุฐู„ูƒุŒ ูˆู‚ู„ุช ุงู„ู…ุจุงู„ุงุฉุŒ ูˆุงุฑุชูุนุช ุงู„ุงู…ุงู†ุฉุŒ ูˆุตุงุฑ ุงู„ู…ุดูƒูˆุฑ ุนู†ุฏ ุงู„ู†ุงุณ ู…ู† ูˆุงูู‚ู‡ู… ุนู„ู‰ ุฃู†ูุณู‡ู… – ูˆุฅู† ูƒุงู† ุบูŠุฑ ู…ุณุชู‚ูŠู… ู„ู„ู‡ – ูˆุงู„ู…ุฐู…ูˆู… ุนู†ุฏู‡ู… ู…ู† ุฎุงู„ูู‡ู… – ูˆุฅู† ูƒุงู† ุนุจุฏุง ุตุงู„ุญุง – ูุชุฑุงู‡ู… ูŠู…ุฏุญูˆู† ู…ู† ู„ุง ูŠุณุชุฃู‡ู„ ุงู„ู…ุฏุญ ู„ู…ูˆุงูู‚ุชู‡ ุฅูŠุงู‡ู…ุŒ ูˆุณูƒูˆุชู‡ ุนู„ู‰ ุจุงุทู„ู‡ู…ุŒ ูˆูŠุฐู…ูˆู† ู…ู† ูŠุฎุงู„ูู‡ู… ูˆูŠู†ุตุญู‡ู… ููŠ ุฏูŠู†ู‡ู…. ู‡ุฐุง ุญุงู„ ุงู„ุงูƒุซุฑ ุฅู„ุง ู…ู† ุนุตู… ุงู„ู„ู‡ุŒ ููˆุฌุจ ุงู„ุงุญุชุฑุงุฒ ูˆุงู„ุชุญูุธ ูˆุงู„ุงุญุชูŠุงุท ููŠ ุฌู…ูŠุน ุงู„ุฃู…ูˆุฑุŒ ูุฅู† ุงู„ุฒู…ุงู† ู…ูุชูˆู†ุŒ ูˆุฃู‡ู„ู‡ ุนู† ุงู„ุญู‚ ู†ุงูƒุจูˆู†ุŒ ุฅู„ุง ู…ู† ุดุงุก ุงู„ู„ู‡ ู…ู†ู‡ู… – ูˆู‡ู… ุงู„ุงู‚ู„ูˆู† – ุงู‡โ€ู€

Termasuk perkara yang perlu di perhatikan adalah janganlah kamu mempercayai dan menerima segala sesuatu yang sampai padamu dari perbuatan dan perkataan yang tidak baik tentang seseorang, sampai kamu melihat sendiri perkara tersebut atau perkara tersebut berasal dari orang yang terkenal jujur dalam segala perbuatannya, sebab, husnudzon kepada sesama muslim adalah perkara yang wajib.

Sungguh telah menjadi hal yang lumrah dan biasa yang banyak terjadi di zaman ini adalah melebih-melebihkan perbuatan orang-orang satu dengan yang lainnya, dan sedikit sekali orang-orang yang memperhatikan masalah ini, dan sudah sedikit sekali orang yang dapat di percaya (amanah).

Orang yang di puji oleh masyarakat adalah yang orang yang setuju dan mendukung terhadap perbuatan mereka, meskipun orang tersebut adalah orang yang tidak taat kepada Allah ๏ทป. Dan orang yang di benci oleh masyarakat adalah orang yang tidak sama dan menyalahkan perbuatan mereka, meskipun orang tersebut adalah orang yang sholeh.

Mereka akan memuji dan menyanjung orang yang tidak pantas mendapatkan pujian di sebabkan dia mendukung perbuatan mereka dan sebab dia membiarkan perbuatan mungkar yang mereka lakukan. Dan mereka akan mencela orang yang menyalahkan dan menasehati mereka.

Inilah gambaran kebanyakan masyarakat sekarang, kecuali mereka-mereka yang Allah ๏ทป jaga. Maka wajib bagi kita untuk menjaga dan berhati-hati dalam setiap perkara, karena zaman ini banyak terjadi fitnah, dan masyarakat zaman ini banyak yang jauh dari kebenaran, kecuali mereka-mereka yang Allah ๏ทป karunia hidayah dan itupun sangat sedikit.

Semoga kita dapat membentengi diri dan hati kita dari isu-isu,fitnah dan berita hoax yang kian marak di negara tercinta kita ini dengan memegang teguh dawuh Sayyid Abu Bakar Syatha ini sebagai solusi jitu membentengi diri dari maraknya fitnah dan hoax

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *