Ketika Syekh Ibrohim Bin Adham Dipukul

KETIKA Syekh Ibrohim Bin Adham Dipukul

Dikisahkan bahwa ibrahim bin adham keluar suatu saat ke sebuah tempat , maka tiba-tiba datang seorang tentara menghampirinya dan berkata padanya :

” engkau seorang hamba ? ”

“Ya”

maka tentara itu berkata padanya :

“dimanakah letak keramaian ?”

Maka ibrahim bin adham menunjukannya ke kuburan.

Maka tentara itu berkata :

“aku menghendaki keramaian kota bukan kuburan” , maka ia marah dan memukul kepala ibrahim bin adham dengan senjatanya hingga berdarah darah kepala ibrahim bin adham.

Lalu ibrahim bin adham pun membawa tentara itu ke kota dan ketika telah sampai , para sahabat nya menyambutnya , mereka berkata , ada apa gerangan yg terjadi ? Lalu sang tentara mengabarkan apa yang terjadi , dan orang- orang berkata Ini adalah syekh ibrahim bin adham ,

Maka turunlah tentara tersebut dari kudanya setelah mengetahui hal tersebut , lalu ia menciumi tangan dan kaki ibrahim bin adham dan meminta maaf atas apa yang telah ia lakukan padanya .

Maka di katakan pada ibrahim bin adham “kenapa engkau berkata pada nya bahwa engkau seorang hamba ?”

” karena dia tidak bertanya

Hamba siapa engkau ? Akan tetapi dia berkata : apakah engkau seorang hamba ? Maka aku katakan ya , karena aku hamba allah”

maka tatkala ia memukul kepalaku , aku berdoa pada allah agar memasukannya ke dalam surga , maka orang orang heran , bagaimana bisa ? Bukankah dia telah mendzolimi mu ? Maka ia berkata : aku tahu bahwa aku mendapatkan ganjaran dari apa yang dia telah lakukan terhadapku , maka aku tidak mau bagianku kebaikan sedang bagian dia keburukan .

Sumber ::

Ihya’ Ulumuddin

Semoga kita bisa menirukan kecerdasan hati beliau dalam menyikapi hidup ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *