HUBUNGAN ILMU AGAMA DAN ILMU TATA BAHASA ARAB

HUBUNGAN ILMU AGAMA DAN ILMU TATA BAHASA ARAB

Al-Imam Abu Ishaq al-Syathibi رحمه الله berkata:

وإذا فرضنا مبتدئًا في فهمِ العربية فهو مبتدئ في فهم الشَّريعة، أو متوسطًا فهو متوسطٌ في فهم الشريعة، والمتوسط لم يبلغْ درجةَ النهاية، فإذا انتهى إلى الغايةِ في العربية كان كذلك في الشَّريعة.

Apabila kita memperkirakan seseorang yang tingkat dasar dalam memahami ilmu bahasa Arab, maka ia berarti tingkat dasar dalam memahami syariah. Atau tingkat menengah dalam memahami ilmu bahasa Arab, maka ia berarti tingkat menengah dalam memahami ilmu syariah. Orang yang tingkat menengah belum mencapai puncak dalam ilmu pengetahuan. Apabila ia telah sampai pada tingkat puncak dalam memahami ilmu bahasa Arab, berarti ia mencapai puncak dalam memahami ilmu syariah.

Al-Syathibi, al-Muwafaqat fi Ushul al-Syari’ah juz 4 hlm 115.

Orang yang ilmu pengetahuan bahasa Arabnya tingkat dasar, berarti pengetahuan agamanya tingkat dasar. Orang yang pengetahuan bahasa Arabnya tingkat menengah, berarti pengetahuan agamanya tingkat menengah. Orang yang pengetahuan bahasa Arabnya tingkat atas, berarti pengetahuan agamanya tingkat atas. Orang pengetahuan bahasa Arabnya tingkat nol, berarti pengetahuan agamanya kira-kira bagaimana?

Muhammad Idrus Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *